Tutorial

Pendahuluan CodeIgniter

Posted by sukmopuji on 10 February 2010

Tutorial ini dirancang untuk mendalami apa sebenarnya CodeIgniter (CI) dan bagaimana memanfaatkannya didalam membuat aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP.

Apakah CodeIgniter itu?

CodeIgniter adalah sebuah framework yang menerapkan konsep Model-View-Controller (MVC) sebagai pola didalam mengembangkan aplikasi berbasis PHP. Dengan pola MVC ini memungkinkan developer untuk mengorganisir file-file untuk membangun aplikasi.

CodeIgniter berisi banyak sekali instant library yang memudahkan seorang programmer PHP didalam membangun aplikasi sehingga walaupun aplikasinya besar, seorang programmer tidak perlu mendefinisikan library-library tersebut dari awal. Sebagai contoh jika kita ingin membuat sebuah fungsi database untuk memunculkan list data dari sebuah table dengan query ‘SELECT’, maka kita hanya tinggal memanggil library yang sudah disediakan dan selebihnya akan dikerjakan oleh CodeIgniter.

Memulai programming dengan CodeIgniter

Pertama-tama anda harus menginstall CodeIgniter dengan cara mengekstrak atau mengcopy hasil ekstraknya di folder root web server anda. File install bisa anda download disini.

CodeIgniter telah mendukung PHP versi 4.3.2 atau yang lebih baru dan untuk database telah mendukung MySQL minimal versi 4.1.

Setelah proses install selesai coba akses melalui localhost anda. Misal folder tempat kode CI anda bernama CodeIgniter, maka cobalah akses melalui http://localhost/CodeIgniter di browser anda. Maka akan muncul halaman welcome di layar browser seperti di bawah ini :

Jika di browser sudah muncul seperti diatas maka berarti proses install sudah berhasil. Dari situ anda bisa eksplorasi UserGuide untuk melihat apa saja isi dari CodeIgniter itu dan bagaimana cara menggunakan fungsi serta library CodeIgniter untuk aplikasi anda. Atau kalau anda tidak berminat membaca user guide maka anda bisa ikuti terus tutorial ini :). Karena tutorial ini akan mempermudah anda dalam menggunakan CodeIgniter.

Memahami arsitektur URL pada CI

Pertama kali anda mengakses CodeIgniter melalui URL http://localhost/CodeIgniter maka browser anda akan menampilkan halaman welcome. Sama saja jika anda mengaksesnya melalui URL http://localhost/CodeIgniter/index.php, maka di layar browser masih menghasilkan layar welcome tersebut. Ini berarti halaman welcome tersebut sudah diset sebagai halaman defaultnya. Tetapi coba anda akses melalui URL http://localhost/CodeIgniter/index.php/welcome, maka layar browser masih akan menampilkan halaman welcome. Nah lho.. Disini bisa saya jelaskan bahwa arsitektur URL pada CI memiliki arti sebagai berikut :

http://nama_domain_situs/index.php/nama_controller/nama_method/parameter_method

Jadi URL http://localhost/CodeIgniter/index.php/welcome berarti anda sedang menjalankan sebuah controller bernama welcome dan method bernama index. Sedangkan jika nama_method nya tidak diisi maka secara otomatis CodeIgniter akan menjalankan method bernama index. Untuk lebih jelasnya coba anda buka file welcome.php didalam folder system ‘/application/controller/‘, maka anda akan temukan sintaks sebagai berikut :


class Welcome extends Controller
{
    function Welcome()
    {
        parent::Controller();
    }

    function index()
    {
        $this->load->view('welcome_message');
    }
}

Jika anda sudah pernah mempelajari konsep OOP pada PHP mungkin anda sudah mengerti maksud sintaks diatas. Jadi sebenarnya setiap controller pada CI berbentuk object atau class yang diturunkan dari sebuah class bernama Controller. Fungsi Welcome() merupakan fungsi constructor dari sebuah class bernama Welcome. Selanjutnya kita perlu memperhatikan fungsi/method index(). Method index() inilah yang dijalankan secara otomatis walaupun kita tidak menuliskannya didalam URL. Tetapi coba saja anda akses URL tadi dengan ditambahkan nama method sehingga menjadi seperti ini : http://localhost/CodeIgniter/index.php/welcome/index , pasti anda akan mendapatkan hasil yang sama.

Jadi sudah jelaskan….? :) Tutorial selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana membuat HelloWorld pertama anda dengan framework CodeIgniter.

2 Responses to “Pendahuluan CodeIgniter”

  1. Finz said

    terima kasih mas, mudah dipahamin untuk sy yg pemula.. :D

  2. Samuel said

    mantep bro…… :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: